Cara Menggunakan Formula dan Fungsi Excel
Microsoft Excel memiliki kemampuan dalam melakukan penghitungan dengan bantuan formula berdasarkan velue data yang di entry pada lembar kerja. Dengan bantuan formula dan fungsi maka pengguna Excel dapat menyelesaikan penghitungan yang kompleks seperti; matematika, statistik, trigonometri dan penghitungan financial secara lebih cepat dan akurat.
Pada postingan ini pembahasan mencakup :
- Cara Membuat Formula Excel
- Cara Membuat Nama Range
- Cara Mencari Kesalahan Formula
- Contoh Penggunaan Formula dan Fungsi
Cara Membuat Formula Excel
( Video 3:28 Cara Buat Rumus Pada Cell )
Untuk memasukkan formula pada excel di mulai dengan tanda = ( tanda sama dengan ) pada cell tempat hasil penghitungan seperti dalam pembahasan pada Mengenal Lembar Kerja Excel. Pada penggunaan formula pada cell perlu dikunci agar formula tidak berubah ketika di Copy ke cell atau range lain. Cara untuk menambahkan referensi absolut atau mengunci formula dengan menambahkan karakter $ di depan cell, caranya adalah tekan F2 diawal cell ( contoh gambar dibawah ).
Penambahan tanda $ untuk mengunci Formula |
Cara Membuat Nama Range
( Video 4:52 Cara Memberi Nama Area Terpilih )
Fasilitas pemberian Nama Area merupakan cara untuk mengatasi kesulitan ketika anda bekerja dengan bantak penggunaan formula. Cara penggunaan Nama Area pada formula, cukup mengetik formula dan Nama Area sebagai referensi formula.
Nama nama Area dapat anda manage pada lembar kerja Excel dan dapat anda Edit sesuai kebutuhan. Nama Area dapat anda menage dengan klik ikon Name Manager, seperti gambar dibawah;
Name Manager |
Cara Mencari Kesalahan Formula
Excel memiliki fitur untuk memecahkan permasalahan kesalahan dalam penggunaan formula yang hasilnya tidak sesuai. Untuk mencari kesalahan formula anda dapat menggunakan fitur Go To Special, yang mampu mencari cell yang berisi formula yang salah, ( berikut gambar fitur Go To Special )
Go To Special |
Selain menggunakan fasilitas Go To Spesial anda dapat juga menggunakan fitur Formula Auditing yang terdiri Trace Precedents, Trace Dependents dan Trace Error. Trace Precedents digunakan untuk menandai cell cell yang masuk dalam formula, Trace Dependents digunakan untuk menunjukkan letak formula yang memakai cell tersebut sebagai referensinya. Sedangkan Trace Error digunakan apabila muncul pesan kesalahan.
Menu Formula Auditing |
Cara Menggunakan fasilitas Formula Auditing, klik cell berisi formula kemudian tekan tombol trace precedents seperti gambar dibawah;
Contoh Penggunaan Formula dan Fungsi
Financial :
- Menghitung Nilai Di Masa Depan
Rumus : = FV(rate,nper,pmt,[pv],[type]) |
- Menghitung Lama Pembayaran
Rumus : =NPER(rate,pmt,pv,[fv],[type]) |
- Menghitung Penurunan Harga dengan metoda garis lurus
Rumus : =SLN(cost, salvage, life) |
Matematika :
- Mencari akar kuadrat
=SQRT(100) adalah 10
- Menjumlahkan nilai bila kreteria terpenuhi
( dari range tersebut yg nilainya diatas 75 adalah 80 dan 100 sehingga, nilai keduanya dijumlahkan )
Rumus : =SUMIF(B4:E4,">75") |
Statistik :
- Untuk menghasilkan nilai rata rata dari sejumlah data
Rumus : =AVERAGE(B4:E4) |
- Untuk menghasilkan nilai median dari sejumlah data
Rumus : =MEDIAN(B4:E4) |
Comments
Post a Comment